About

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 10 April 2013

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomer : 21 Tahun 2013


Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomer : 21 Tahun 2013


Ditahun 2013 ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Keputusan nomer 21 tahun 2013 tentang tentang Ketentuan Pelaksanaan
Ujian AkhirMadrasah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2012/2013.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Keputusan nomer 21 tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2012/2013 tersebut dilatarbelakangi :
Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan Ujian Madrasah.
Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di MI, MTs, dan MA (yang selanjutnya disebut Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) tahun Pelajaran 2012/2013 diatur melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor:… , meliputi mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, dan Ilmu Kalam.
Dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman tentang Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasionalbagi pihak-pihak terkait, perlu disusun suatu pedoman yang memuat prinsip-prinsip umum penyelenggaraannya.
Adapun tujuan diterbitkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Keputusan nomer 21 tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2012/2013.
  1. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik padaakhir jenjang pada satuan pendidikan,sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.
  2. Ujian Akhir MadrasahBerstandar Nasional berfungsi sebagai :
  1. bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah;
  2. salah satu pertimbangan kelulusan;
  3. umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah;
  4. alat pengendali mutu pendidikan;
  5. pendorong peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.
  6. …..dst
Lebih lengkap tentang Surat Keputusan nomer 21 tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat didownload pada link berikut ini :

Strategi Dan Model Pembelajaran PAIKEM


Strategi Dan Model Pembelajaran PAIKEM


Metode Pembelajaran
| Strategi danModel PembelajaranPAIKEM – Ada beberapa model dan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM. Keselurahannya dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran dan dapat dipilih sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat terjadi proses pembelajaran.
Namun demikian, hendaknya guru melakukan upaya pengembangan, improvisasi, modifikasi dan atau mencaristrategi, metode dan model yang dipandang sesuai dan tepat. Guru juga hendaknya memahami bahwa diantara sekian banyak strategi dan metode pembelajaran aktif  (active learning) –PAIKEM, tidak ada yang benar-benar ideal. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan atau kekurangannya sendiri. Satu strategi dan metode pembelajaran sangat mungkin cocok dan pas untuk sebuah situasi proses pembelajaran, namun belum tentu cocok untuk situasi dan materi serta kelas yang berbeda.
Dalam menerapkan metode strategi dan model pembelajaran, guru hendaknya menerapkannya secara variatif. Artinya, guru tidak selalu menerapkan Strategi dan Model Pembelajaran PAIKEM secara monoton dan itu-itu saja. Mengkombinasikan dua atau lebih strategi dan metode pembelajaran aktif (active learning) sangatlah tepat. Pengkombinasian dua metode dan strategi tersebut dalam satu proses pembelajaran akan sangat menunjang optimalisasi pencapaian tujuan.
Agar tidak terjadi kekeliruan dalam menentukan metode, model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) maka ketika memilih metode dan strategi mana yang hendak diterapkan, seorang guru harus memperhatikan dan mencermati Kompetensi dasar yang hendak disampaikan.
Penggunaan dua model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) adalah sangat sesuai dengan prinsip dasar PAIKEM, yaitu pembelajaran variatif. Dalam proses pembelajaran harus diterapkan variasi metode, variasi strategi, variasi media, dan variasi sumber belajar.

23 Strategi Dan Model Pembelajaran PAIKEM

Berikut ini adalah Strategi dan Model Pembelajaran PAIKEM yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran aktif (active learning). Metode dan strategi pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM dapat dijadikan alternatif-alternatif metode, model dan strategi pembelajaran.
  1. Everyone is a Teacher Here (setiap peserta didik adalah guru)
  2. Writing in the Here and Now (menulis pengalaman secara langsung)
  3. Reading Aloud (Strategi membaca dengan keras)
  4. The Power of Two & Four (menggabungkan dua atau empat kekuatan)
  5. Information Search (mencari informasi)
  6. Point – Counterpoint (beradu pandangan sesuai perspektif)
  7. Reading Guide (membaca terbimbing)
  8. Active Debate (debat aktif)
  9. Index Card Match (Mencari pasangan kartu tanya jawab)
  10. Jigsaw Learning (Belajar melalui tukar delegasi antar kelompok)
  11. Role Play (bermain peran)
  12. Debat Berantai
  13. Listening Team (tim pendengar)
  14. Team Quiz (pertanyaan kelompok)
  15. Small Group Discussion (diskusi kelompok kecil)
  16. Card Short (menyortir kartu)
  17. Gallery Walk (pameran berjalan)
  18. Jeopardy Game
  19. Ceramah Plus
  20. Question Students Have
  21. Giving Question and Getting Answers
  22. Planted Question
  23. Firing Line
Demikianlah beberapa metode, model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM, semoga mengingatkan Anda kembali jika lupa.
Penjelasan mengenai metode, model dan strategi pembelajaran aktif (active learning) – PAIKEM di atas akan dilakukan di waktu-waktu yang akan datang.